Body Care Selama Hamil

Awalnya gue gak terlalu concern sama produk perawatan tubuh selama hamil, gue masih pakai produk yang sama kaya sebelum hamil untuk sabun, shampoo, dll. Tapi kemudian pas gue ulangtahun, Alhamdulillah dapet kado dari temen-temen seruangan seperangkat body care (yang klaimnya) natural dan (informasinya sih) aman buat ibu hamil yeaaay! Makasih gaesss…

Mulai dari situ, gue jadi tergerak buat sekalian cari tau dan hijrah ke produk-produk lain yang sekiranya aman buat dipakai Bumil.

Dislaimer : Hasil pemakaian setiap produk tergantung kondisi masing-masing. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang bahan-bahan setiap produk untuk memastikan keamanannya buat Bumil.

Organic Care: Fig & Papaya Nourishing Body Wash

12808410_65ab177d-fc6c-4908-936a-a240d905c48b
Source : google

Claims : Free from SLS, ALS, petrochemical cleansers and parabens

Bisa dibeli di ig : @bumil_store

Produk ini adalah body wash alias sabun mandi. Gue dapet dari kado, botolnya besar berisi 725 ml dan udah empat bulan belom abis padahal dipakai tiap hari :”

Gue suka sekali sama wanginya. Typical sabun mandi natural, produk ini gak bikin kulit terasa kesat kaya pake produk sabun biasa, jadi terasa tetap lembab. Kelemahannya jadi boros air karena kok rasanya kulit masih terasa licin terus haha

OGX Shampoo : Hydrating+, Tea Tree Mint Shampoo

index
Source : google

Claims : Free of sulfates and parabens. (Better check their website for further info)

Bisa dibeli di Ig : @bumil_store

Shampoo OGX ini enak banget dipakai, terasa sensasi mintnya dan shampo ini gak mengeluarkan banyak busa. Pak Suami yang gampang ketombean juga cocok pakai ini. . So far ini awet banget juga gak abis-abis :”

Petal Fresh Botanicals : Olive Oil and Shea Body Lotion

PFB_olive-shea-butter-body-lotion_20-2
Source : google

Claim : Certified organics ingredients.

Bisa dibeli di Ig : @bumil_store

Lotion ini dapet dari kado juga dan sejujurnya belom pernah gue pake haha Emang dasarnya gak rajin pake lotion sih jadi gue gabisa kasih review :” Mungkin bisa juga dipakai buat melembabkan kulit dan cegah stretchmark ya, berhubung ada kandungan olive oil didalamnya.

Crystal Essence Mineral Deodorant Roll On : Lavender

81oKDT8JWfL._SX355_
Source : google

Claims : No Aluminium Chlorohydrate, paraben free, hypoallergenic. Prevent body odor for 24hr.

Bisa dibeli di : Tokopedia

Sebagai orang yang gampang banget banjir keringat, gue harus banget pake deodoran setiap hari. Sayangnya, banyak informasi yang bilang kalo beberapa kandungan dalam deodoran gak baik buat Bumil 😦 Setelah beberapa bulan bertahan pake deodoran biasa, gue kemudian menemukan deodoran ini yang kabarnya bagus dan bahan-bahannya aman.

Varian yang gue beli adalah lavender dan white tea dan gue seneng banget sama wanginya. Deodoran ini juga cepet kering setelah dipakai dan gak ninggalin noda putih di baju. Untuk ketahanannya gak sampe 24 jam, tapi cukup banget untuk gue yang sehari-hari lebih banyak beraktifitas dalam ruangan.

Himalaya Herbals : Gentle Exfoliating Daily Facewash

gentle-exfoliating-daily-face-wash-l
Source : google

Claim : Soap free. (Better check their website for further info)

Gue tertarik beli merk Himalaya karena ada embel-embel herbal nya dan beberapa sumber bilang kalo ini free parabens. Sebelum hamil, gue pake face wash Himalaya yang varian whitening, tapi berhubung katanya Bumil baiknya menghindari produk whitening, gue pun beralih ke varian yang ini.

Produk ini mengandung butiran scrub jadi biasanya gue pakai sedikit aja supaya kulit wajah ga kering. Produk ini juga harganya terjangkau dan gampang didapat.

Himalaya Lip Balm

Lip-Balm
google

Himalaya lip balm ini kemasannya berbentuk tube dan teksturnya cukup thick jadi berasa banget lagi pake sesuatu di bibir. Efeknya ke bibir gue so-so aja, bahkan gue merasa kadang setelah pakai ini bibir gue malah makin kering 😦

Palmer’s Cocoa Butter for Stretch Mark

IF7LF8110356
Source : google

Bisa dibeli di AEON Mall, BSD.

Stretch mark adalah salah satu masalah kulit yang paling concern dari Bumil. Wajar banget secara berat badan yang bertambah cukup signifikan dalam waktu singkat bikin kulit ikutan meregang dan menimbulkan garis-garis (gak terlalu) cantik di beberapa bagian tubuh, kayak perut, paha, dll. Walaupun katanya stretch mark itu bakat-bakatan atau bisa dari keturunan (gue termasuk yang bakat stretch mark nih huhu), tapi buat mencegahnya penting banget buat ngejaga elastisitas kulit dengan rajin pake lotion atau oil.

Banyak banget rekomendasi produk yang reviewnya berhasil cegah stretch mark di beberapa orang, tapi cocok-cocokan juga ternyata karena produk yang sama bisa gak ngefek juga di orang lain. Opsinya antara lain adalah Bio Oil, Clarins Huile Tonic, sama Palmer’s Cocoa Butter Lotion ini.

Karena Bio Oil dan Clarins Huile Tonic berbentuk minyak yang mana gue gak terlalu suka, harganya pun jadinya mahal karena kemasannya kecil, gue akhirnya memutuskan beli Palmer’s Cocoa Butter Lotion for Stretch Mark aja saat masuk trimester dua kehamilan. Lotion ini memiliki wangi cocoa alias cokelat yang kenceng banget, teksturnya thick tapi cepat meresap jadi gak lengket di kulit.

Awalnya gue gak terlalu rajin pakai lotion ini karena sering lupa nya, tapi masuk bulan kelima kehamilan disaat baby bump mulai kelihatan, kulit perut gue mulai sering terasa gatal (kadang gatal banget malah) pertanda kulitnya mulai meregang, sejak itu gue jadi merasa butuh pakai lotion ini setiap pagi dan sebelum tidur. Lotion ini juga lumayan meredakan gatal-gatal di perut gue karena rasanya lebih lembab setelah pemakaian.

Palmer’s Cocoa Butter Skin Therapy Oil

palmers-cocoa-butter-formula-skin-therapy-oil-rosehip-60ml-p9615-9499_image

Dengan semakin besar baby bump, gue semakin parno sama stretch mark ini. Awalnya mau coba tambah Bio Oil biar double protection (bumil lebay), tapi kemudian hasil googling kesana-kemari ketemulah dengan Palmer’s Skin Therapy Oil ini yang review nya berhasil mencegah stretch mark juga di beberapa orang dan katanya teksturnya lebih enak daripada Bio Oil. Setelah cek di Shopee harganya pun lebih murah (Rp110.000 berisi 60 ml) daripada si Bio Oil, gue akhirnya memantapkan diri untuk pilih ini aja dengan harapan sesama Palmer’s bisa saling bersinergi gitu kan haha

Palmer’s Skin Therapy Oil ini enak banget dipakai, wangi rosehipnya tolerable, tekstur oil nya terasa ringan dan gampang meresap. Biasanya gue pakai di malam hari, sementara Palmer’s lotion nya dipakai saat pagi. Kemasannya menggunakan botol pump dan ukurannya yang mungil praktis banget untuk dibawa traveling dibanding sama botol lotionnya yang gedaaay banget itu. Wish me the best result from both!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 Replies to “Body Care Selama Hamil”

  1. Hai kak mau tanya, berarti sebelumnya kakak menggunakan skincare yang biasa kakak gunakan hingga usia kehamilan berapa kak?
    Saya juga baru tau kalau gak boleh pake skincare yang asal di usia kandungan 7 minggu kak 😦
    Semoga sehat sehat dan gakpapa ya kak aamiin

Leave a comment