A New Chapter Has Begun… : Vendors

Undangan

Setelah dapet gedung di tanggal yang diinginkan, next step yang kami lakuin adalah cari vendor undangan. Thanks to Google, gampang banget cari rekomendasi vendor undangan di Jakarta dan mayoritas merekomendasikan Pasar Tebet Barat lantai basement sebagai sarangnya vendor undangan berkualitas bagus dengan harga murah.

Pilih vendor undangan kudu hati-hati bangeet soalnya kalo sampe jadinya ga tepat waktu atau hasilnya ga memuaskan pasti stresss berat, makanya gue survey dulu review di Google dan sampe bikin list vendor mana aja yang memuaskan dan ga memuaskan biar ga salah pilih. Akhirnya pilihan kami jatuh kepada vendor Putra Karya yang banyak dapet review bagus di blog dan kebetulan juga vendor undangan yang banyak dipakai teman-teman kami.

Di kios Putra Karya banyak terdapat sample undangan dengan berbagai jenis dan harga. Kami pilih jenis single board dengan amplop dan deal dengan harga Rp5500/pc untuk 550 pcs sudah termasuk kartu ucapan terimakasih, kartu penukaran souvenir, plastik, dan label nama. Proses pengerjaan sekitar satu minggu untuk revisi desain dan satu bulan untuk proses cetak. Lebih lama dibanding waktu yang ditawarkan kios lain tapi jadi tepat waktu dan sepadan dengan hasilnya yang memuaskan bangeet.

Vendor : Putra Karya, Pasar Tebet Barat lantai basement.

Tips cari undangan di Pasar Tebet

  1. Survey di internet vendor mana aja yang reviewnya bagus dan jelek, saking banyaknya vendor di Pasar Tebet jadi jangan sampai salah pilih.
  2. Dateng lebih pagi sebelum rame biar puas lihat-lihat, karena kios-kiosnya kecil banget tapi calon pengantin yang dateng banyak.
  3. Keluarin kemampuan buat nego harga. Bandingkan harga dengan vendor lain atau dengan pengalaman teman kalian. Semakin banyak jumlah yang kalian pesan, harganya semakin murah.
  4. Perhitungkan dengan tepat jumlah undangan sejak awal, karena kalo ternyata jumlahnya kurang bakal mepet waktu dan mahal lagi biaya cetak tambahannya :” (tunjuk diri sendiri hiks)
indah ghaisandi3
Sneak peak desain undangan kami, peach, warna favorit gue :3

 

wp-1499828631825.jpg
Alhamdulillah undangan lancaaar sampai dibagikan

Souvenir

Selanjutnya adalah pemilihan souvenir. Karena budget yang kami alokasikan untuk souvenir hanya Rp5000/pc, opsi yang kami miliki pun gak banyak, antara lain lilin hias, dan tas blacu. Saking bingungnya urusan menentukan souvenir ini cukup lama tertunda, sampai kemudian kami menemukan salah satu vendor souvenir yang sebelumnya melebihi budget lagi diskon dan harganya paaas banget jadi sesuai budget kami. Alhamdulillah, rejeki anak soleh hihi Akhirnya souvenir pernikahan yang kami pilih adalah tanaman hias sukulen.

Vendor : Fuerte Garden, Lembang (Instagram : @fuertegarden)

Tips memilih sukulen sebagai souvenir :

  • Tanaman sukulen memang kecil, tapi penyimpanannya gak bisa ditumpuk sehingga menyita tempat dan perlu dikirim dengan kendaraan yang khusus karena jumlah souvenir kan pasti ratusan yaa. Perhitungkan budget pengiriman dan tempat penyimpanannya.
Souvenir
Souvenir pilihan kami 😀

Seragam Bridesmaids

Seragam bridesmaid itu opsional sih, lebih sekedar gemes-gemesan tapi juga semacam bentuk gratitude untuk sahabat-sahabat kesayangan kita.

Bridesmaid gue jumlahnya 10 orang, 5 temen SMA, 1 temen kuliah dan 4 temen kosan selama kerja. Untuk  temen kuliah dan kosan, gue memutuskan kebaya kutubaru warna peach dan bawahan kain lilit. Sedangkan untuk temen SMA, mereka udah kode ga mau kutubaru, jadilah gue milih two-toned blouse warna burgundy-pink dengan bawahan kain lilit juga.

Gue pilih beli baju dan kain jadi secara online via instagram untuk semuanya, selain supaya mereka ga perlu cari penjahit lagi, juga supaya gue ga ribet cari kain secara gue gapaham dunia perkainan.

 

image
Kutubaru peach dan kain lilit hitam

 

 

image
Burgundy-pink blouse dari @local.id dan kain lilit songket @chandani.id

 

Selain atasan dan kainnya, biar makin lucu gue juga sengaja custom tas serut blacu dan bikin bridesmaid cards. Gue pesan pouch blacu seharga RP10.000/pc dengan minimal order 20 pcs via instagram @packlicious. Demi menghemat budget, gue cetak sendiri kartu bridesmaid di percetakan seharga Rp20.000 saja untuk 16 pcs kartu, jauh lebih murah daripada pesan kartu di vendor. Desain tas blacu dan kartu nya gue bikin sendiri dengan comot sana-sini vector gratisan dari google dan di edit seadanya via paint (yap, gue segaptek itu :”) Walaupun sedanya tapi jadinya puasss banget ngasih ke sahabat-sahabat dengan effort sendiri 😀

 

Collage 2016-09-30 12_10_16
Desain pouch ala-ala

 

 

bersambung…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s