Visa Jepang : Requirements, Tips & Tricks

Kali ini gue mau share pengalaman bikin visa Jepang biasa (non e-passport) untuk trip gue bersama Suami awal bulan lalu.

Seperti yang udah diketahui, pemegang e-passport punya privilege untuk ke Jepang, bukan tanpa visa, melainkan dengan visa waiver. Bedanya apa? Visa waiver gampang sekali didapat, tinggal ke Kedubes Jepang untuk isi formulir dan bawa e-paspor nya, diambil besoknya. Selesai. Berlakunya pun maksimal tiga tahun dengan masa tiap kunjungan 15 hari, jadi bisa multiple entry. Segampang itu.

Berhubung waktu pertama kali buat paspor belum ada nyali buat jalan-jalan jauh, jadi kami cuma buat paspor biasa instead of e-passport, jadi lah untuk trip kami ini kudu apply visa jalur biasa ke Kedubes Jepang.

Requirements

Apply visa Jepang harus berdasarkan wilayah domisili ya. Misalnya untuk yang ber-KTP Jawa Barat, apply di Kedubes Jakarta. Untuk yang ber-KTP Jawa Timur di Konsulat Surabaya, dll. Kudu diinget banget nih, soalnya ada temen gue yang ditolak apply di Jakarta karena gak sesuai wilayah KTPnya yang beralamatkan di Sulawesi. Sedihh.

Mengutip dari web Kedubes Jepang di Indonesia, syarat membuat visa turis single entry atas biaya sendiri (beda tujuan beda lagi syaratnya) adalah sbb:

1 Paspor.
2 Formulir permohonan visa. Download (PDF) dari website disertai pas foto terbaru ukuran 4,5 X 4,5 cm, latar putih, amannya sih difoto di studio foto (supaya kualitasnya bagus)
3 Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili) di kertas A4 (jangan digunting kecil)
4 Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (bila masih mahasiswa)
5 Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
6 Jadwal Perjalanan download (DOC), berisi detail kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang. Inget ya, detail.
7 Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. Karena gue pergi sama Suami jadi kami melampirkan fotokopi buku nikah
8 Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Gue sih melampirkan slip gaji dan rekening koran 3 bulan terakhir.

Selain itu kami juga melampirkan bukti booking hotel sekalian.

Tips & Tricks

Tips ini murni hasil pengalaman dan ke-sotoy-an gue yah, sodara sekaliaaan..

  • Formulir Pengajuan Visa

Formulir ini bisa diisi langsung di komputer atau tulis tangan. Di Kedubes Jepang juga formulir ini tersedia kok, buat jaga-jaga ada yang salah isi.

Kemarin gue sempat bingung untuk pengisian halaman kedua, tentang Guarantor or Preference in Japan, sama Inviter in Japan, ternyata kalo kita memang atas biaya sendiri dan ga ada pengundang, kosongin aja.

  • Jadwal perjalanan

Bikin itinerary gak gampang ya, I know. Gue sempet migrain mikirinnya haha Sedangkan apply visa kalo bisa secepatnya, mulai dari H-3 bulan berangkat udah bisa. Jadi kemarin untuk apply visa nya gue pakai itinerary sementara aja hasil googling dan nyontek sana-sini.  Sedangkan untuk penginapan tentu ajaa hasil booking gratis dari Booking.com. Tapi jangan terlalu ngasal juga sih pas booking, mana tau besok-besok lagi malah sold out akomodasi yang strategisnya.

  • Dokumen biaya perjalanan

Baca di beberapa grup traveler, banyak yang risau masalah minimal saldo yang ada di rekening. Kemarin gue sendiri cuma ada saldo mengendap di tabungan sekitar lima belas juta rupiah. Sebenernya agak ngeri-ngeri-sedap juga sih, cuma ya gimana lagi adanya cuma segituu haha Alhamdulillah approved kok. Saran gue sih sertakan slip gaji juga sebagai bukti tambahan.

  • Datang pagi-pagi dan bawa makanan

Antrean dibuka mulai jam 8 pagi sampai 12 siang. Jadi disana nanti kita dua kali antre. Pertama datang, kita dikasih nomor. Kemudian kita antre sampai diperbolehkan masuk dan menukar KTP/SIM dengan nametag visitor.

Sewaktu gue apply visa memang lagi peak-season bertepatan dengan musim semi. Udah gitu kami agak siang datengnya sekitar jam 10 pagi. Alhasil, antrean udah mengular panjaaang sekali. Dan kami belum makan. Bye. Mau keluar lagi pun gabisa, kalo keluar ya nanti antre dari awal lagi. Lelah amat. Akhirnya terpaksa kami antre sambil tahan lapar T__T

Apakah urusan antre-mengantre udah selesaai?

Tentu tidaaaak. Ternyata oh ternyata, setelah dapat nametag visitor, untuk bisa maju ke counter kita masih harus ambil nomor antrean lagi. Hiks. Kemarin kami harus antre sekitar 200 nomor antrian. Dan jangan lupa, kami-masih-belum-makan. Di dalam area Kedubes gak ada kantin. Gabisa keluar lagi pula. Lengkap sudah penderitaan hiks Jadi jangan lupa sarapan dulu ya, dan boleh lah bawa cemilan atau minuman daripada kelaperan.

Urusan kami baru kelar jam tiga siang. Antre berjam-jam cuma untuk ngasih berkas gak sampai lima menit. *cry* Begitu kelar langsung ngibrit ke GI beli makan haha

Pengambilan Visa

Terlepas dari antre yang ra-uwis-uwis nya sih, selama dokumennya lengkap, urus visa Jepang itu gampang kok, cuma butuh empat hari kerja sudah bisa diambil. Kemarin kami apply Selasa, dikasih resi untuk pengambilannya dan diminta kembali hari Jumat untuk pengambilan paspor dan visa (kalo diapproved).

Sama seperti waktu apply, pengambilan visa juga dua kali antre. Antrean dipersilahkan masuk gak tentu jam berapa tapi paling cepat mulai jam 1, pokoknya ketika antrean apply visa didalam udah less crowded.  Jangan lupa bawa resi pengambilan, karena kemarin resi gue dipegang Suami yang datang belakangan dan gue gaboleh ambil nomor antrean aja dong sampai resinya dateng hiks.

Begitu dipanggil ke counter *deg-degan* kita tinggal kasihin resinya, terus petugasnya akan balikin paspor kita yang udah tertempel visa. Yeaaaay, approved! Hamdalah.. Kemudian kami bayar masing-masing Rp330.000 tunai. Masa berlaku visa Jepang adalah tiga bulan dengan ijin masa kunjungan 15 hari.

Semoga membantu yaaa buat para pejuang visa Jepang *wink*

Sekian dan terimagaji.

Note:

*Embassy of Japan : Jl. MH Thamrin No.24, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s