Throwback : 3676 mdpl (1)

note : bukan catatan perjalanan ..

Awal Mula

Perjalanan kali ini diawali oleh salah satu life plannya Aa di tahun 2013 : naik Gunung Semeru. Rencana awalnya Aa berangkat sama teman-teman Stapalanya, yang juga gue kenal, Syakir ‘Buncil’ dan Stemy. Dan entah kesambet apa dapet ide dari mana, Aa ngajak gue. Ke Semeru. Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gue, yang bahkan belum pernah naik gunung sekalipun.

Tentu aja awalnya gue nolak lah dengan beribu alasan. Yakali, gunung pertama langsung Semeru aja. Takut ga kuat, takut ngerepotin, gue kan lemah, etc. Tapi Aa juga gamau kalah dengan beribu bujukan. Semeru trek nya enak kok. Paling cuma pas ke puncak nya aja yang nanjak agak berat. Nanti kalo gakuat ya gausah ikut muncak, etc. Dan akhirnya, gue yang jadi penasaran, meng-iya-kan untuk ikut.

Berangkaaat

11 September 2013

Setelah persiapan cari pinjaman alat sana-sini, mulai dari daypack, sepatu, sampai baju dan kaos kaki pun hasil pinjem haha (thanks to Aa yang nyiapin hampir semuanya :D); bikin surat sehat, beberapa kali jogging dari 2 minggu sebelumnya, akhirnya kami jadi berangkaaat 😀 Formasi akhir jadinya yang berangkat Aa, Gue, Buncil, Aris ‘Patong’, dan Cila ‘Cipit’. (bahkan Stemy malah gajadi ikut hiks)

Kita naik Matarmaja sekitar jam 1 siang dari Stasiun Senen dan menempuh perjalanan sekitar 16 jam untuk sampai di kota Malang.

kelakuan di kereta menuju Malang

12 September 2013

Pagi itu, Aa nunjuk sesuatu dibalik jendela kereta. “Itu Gunung Semeru yang mau kita naikin nanti.” Menjulang kokoh gitu nun jauh disana ihik Gue diem aja. Apa kuat ya gue kesana, batin gue. gue pun mules dan pengen pulang aja rasanya :3

Akhirnya kita sampai di Stasiun Malang Kotalama. Kita langsung cari angkot diluar stasiun. Banyak juga pendaki lain dengan carrier segede gambreng yang sama-sama nyari angkot juga. Angkot disana emang udah biasa di carter sama para pendaki Semeru. Jadi waktu itu kita join-an angkot sama pendaki lain (lupa darimana). Tujuan kita adalah Pasar Tumpang.

Pasar Tumpang adalah sejenis pasar, yaelah menurut nganaa? haha, disana adalah tempat kumpulnya jeep atau truk yang bisa disewa untuk membawa para pendaki ke pos awal pendakian, Ranu Pani. Disini kita bisa belanja logistik untuk keperluan pendakian nanti.

Aa, Buncil, dan Bapak-Bapak Ayam ihik

Cipit abis belanjaa

Untuk ke Ranu Pani, kita pilih untuk sewa truk, join-an sama pendaki lain dari Bekasi, Ciputat, dan Semarang.

Kita, minus Buncil, sama Mbak Sundari dan temennya dari Semarang

Perjalanan ditempuh hampir 2 jam dengan jalan yang nanjak, kiri-kanan kebun dan rumah warga. Gue yang agak mual gegara duduk di depan sama Mbak Sundari jadi tidur sepanjang perjalanan, padahal pemandangan disekitarnya bagus katanya ihik.

Staaart

Akhirnya, sekitar tengah hari kita sampai di Ranu Pani, dan Aa langsung ngurus perizinannya. Sekitar jam 2 siang, kita mulai mendaki. Bismillah ..

Selamat datang 😀

Tujuan camp pertama kita adalah Ranu Kumbolo. Gue ga begitu memperhatikan pos-posnya dan ga inget berapa lamanya juga. Waktu itu di otak gue cuma fokus jalan sambil ngatur nafas biar ga cepet capek jadi ga perlu sering istirahat biar ga ngerepotin temen-temen seperjalanan gue. Trek nya ga terlalu menanjak untungnya dan pemandangan disekitarnya juga manjain mata banget. Kalo ngerasa capek tinggal ngeliat sekeliling aja dan efektif banget bikin lupa sama capeknya 😀 Kita beberapa kali istirahat buat duduk-duduk, makan cemilan atau foto-foto.

oke, ini alay

jalan 6 km sampai di Watu Rejeng dan masih 4,5 km lagi

itu Mahameru nyaa ihik

Ranu Kumbolo

Hari udah mulai gelap. Setelah rasanya ga sampe-sampe, akhirnya kelihatan pemandangan lampu-lampu yang kayanya dari tempat campYeaaay bentar lagi, batin gue.
Ternyata nggak juga. Butuh jalan hampir setengah atau satu jam lagi untuk kita sampai kesana. Akhirnya sekitar jam 7 malam kita sampai di tujuan camp kita, Ranu Kumbolo. Alhamdulillah ..
Kita (kecuali gue deng, karena gabisa haha) pun pasang tenda, makan, terus tiduur 😀

Malam harinya gue kebangun karena kedinginan dan pengen ke toilet (you-know-what-I-mean, nyatanya ya mana ada toilet di gunung haha). Begitu keluar tenda, Subhanallah, pemandangan di langitnya kereeen banget. Hamparan langit luas dengan bintang bertaburan banyaak banget. Pertama kalinya gue ngeliat langit seindah itu.

kira-kira begitulah langit dan bintang-bintangnya waktu itu. Subhanallah cantiknyaa. (source: google)

13 September 2013

Ranu Kumbolo adalah danau di ketinggian 2400 mdpl dengan luas kurang lebih 12 hektar. Surganya para pendaki Gunung Semeru katanya. Dan selepas bangun pagi harinya, akhirnya kita bisa ngeliat juga keindahan Ranu Kumbolo. Walaupun pagi itu berkabut banget, tetep keliatan betapa cantiknya Ranu Kumbolo ini. Hamparan danau dengan latar matahari diantara celah bukit, dan tanjakan cinta dihadapannya. Subhanallah ..

berkabut aja tetep cantik

tanjakan cinta dihadapannya

dingiiiin~ ngopi duluu

udah lebih cerah. ganteng nyaa *salah fokus*

Oya, pagi itu masakan kita gagal total haha Cila yang masak. Gue ga bantu banyak soalnya baru kali itu kenalan sama nesting dkk jadi masih clueless gimana cara masaknya (yaelah bilang aja ga bisa masak ndah ihik). Menu kita waktu itu tempe, bayam, pake tomat. what a combination. Asem cuy haha

Setelah foto-foto, ngopi, masak dan re-packing, kita pun ngelanjutin perjalanan lagi sekitar jam 10 pagi. Tujuan camp kita berikutnya Arcopodo.